PVD - GI DRAIN

GI DRAIN

GI Drain adalah produk geosintetik untuk klasifikasi prefabricated vertical drain. Pembuatan produk GI Drain (prevabricated vertical drain/pvd) mengacu pada masalah paling utama dari tanah lunak kohesif kompresibel yaitu proses konsolidasi yang sangat lama ketika diberikan beban konstruksi di atasnya. Hal ini dikarenakan adanya kandungan air pori dan sifat fisiknya yang memiliki permeabilitas sangat rendah sehingga pada saat dioperasikan, infrastruktur di atasnya selalu mengalami penurunan yang mengakibatkan kerusakan.

Salah satu cara paling mudah untuk mengatasinya adalah dengan memberikan beban surcharge dan preloading sebelum beban permanen diberikan. Dengan adanya beban tersebut maka tekanan air pori di dalam tanah akan bertambah dan bersamaan dengan proses konsolidasi sehingga tegangan efektif tanah bertambah pula. Dikarenakan proses tersebut maka properti tanah akan meningkat secara signifikan.

Namun dikarenakan permeabilitas yang rendah maka proses keluarnya air pori memerlukan waktu yang sangat lama hingga lebih dari 60 tahun. Permasalahan lainyya adalah kegagalan geser (failure shear) jika beban preload diberikan terlalu cepat. Secara konvensional metoda sand drain column adalah yang umum digunakan untuk mempercepat keluarnya air pori atau proses konsolidasi. Namun karena tingkat kesulitan yang tinggi dalam hal pelaksanaan dan sulitnya kontrol kualitas, maka GI Drain saat ini menjadi pilihan yang sangat tepat. GI Drain memiliki banyak keuntungan yakni kapasitas pengaliran yang besar (discharge capacity), kuat tarik (tensile strength of drain) yang memadai, permeabilitas dan permittivity filter yang besar serta kecepatan di dalam pelaksanaan.

Product Spesification

Please insert this form to download the puroduct spesification