KONSTRUKSI REL KERETA API

KONSTRUKSI REL KERETA API

Di dalam konstruksi track baru kereta api, geosintetik dapat berfungsi sebagai pemisah/separator dari material yang memiliki distribusi butiran berbeda, filter, drainasi dan perkuatan tanah. Geosintetik dapat dipasang di dalam atau di bawah lapisan ballast ataupun sub-ballast.

SEPARASI

Geosintetik dapat digunakan sebagai lapisan separator dari struktur pendukung track kereta api yang dibuat dari material dengan properties dan ukuran butiran berbeda. Lintasan perjalanan kereta api pada rel menyebabkan pergerakan siklik berulang pada konstruksi pendukungnya. Dan sebagai akibatnya, butiran halus (fine grained) dari tanah dasar subgrade dapat ter”pompa” bergerak ke atas masuk ke dalam lapisan tanah granular, sehingga mengurangi kekuatan serta kapasitas drainase dari lapisan ini. Lebih lagi, geosintetik dapat mengurangi masuknya butiran aggregate subbase ke dalam tanah dasar, dengan demikian lapisan ini akan selalu terjaga ketebalan dan integritasnya sehingga life time-nya menjadi lebih lama. Untuk dapat memberikan fungsi ini geosintetik harus tahan terhadap gaya-gaya yang terkonsentrasi misalkan gaya sobek, lubang dan tembus serta memiliki ukuran bukaan pori sesuai dengan ukuran butiran material yang harus ditahannya.

  

PERKUATAN

Geosintetik (geotekstil, geogrid dan geocell) yang dipasang pada lapisan sub-grade (tanah dasar) tidak stabil dapat menghilangkan keperluan untuk mengganti (replacd) tanah ini dikarenakan adanya penambahan kapasitas daya dukung di dalam sistem ini akibat distribusi tegangan-tegangan yang lebih baik. Ketika dipasang di dalam lapisan ballast atau sub-ballast, geosintetik dapat membantu untuk mengurangi penurunan yang disebabkan pergerakan lateral dari material ballast dan sub-ballast. Karakteristik material geosintetik yang harus diperhatikan untuk fungsi ini adalah interaksi antara geosintetik-tanah/ballast, ketahanan terhadap kerusakan saat konstruksi dan operasi, modulus kekakuan dan kuat tarik material perkuatan geosintetik.

FILTRASI

Aliran air dari tanah dasar sub-grade ke dalam lapisan granular memungkinkan membawa butiran halus dari tanah dasar. Ini dapat terjadi karena penambahan tingkat tegangan di dalam sub- grade dikarenakan beban lintasan kereta api. Di dalam hal ini, geotekstil dapat berfungsi sebagai filter, dimana memungkinkan air mengalir secara bebas namun sebaliknya butiran tanah sub grade tertahan. Untuk dapat memenuhi ini, geotekstil harus mempunyai kecukupan properties permeabilitas dan propetis retensi sehingga dapat mencegah terjadinya clogging (bampet).

DRAINASI

Drainasi yang bagus adalah faktor kritis untuk menghindari struktur track kereta api terdegradasi performance-nya dikarenakan oleh air yang berasal air hujan atau dari tanah dasar yang masuk ke dalam lapisan ballast. Material drainasi geo-composite dipasang pada lokasi yang tepat di dalam struktur track dapat memberikan drainase melintas track, menjaga terjadinya akumulasi air. Di dalam aplikasi ini geo-composite harus memiliki kecukupan kapasitas alir (discharge capacity) dan tidak rusak. Jika material geosintetik dipasang secara tepat, hal ini dapat memperbaiki kinerja rel kereta api dengan penambahan umur rencana dan memperpanjang periode siklus pemeliharaan.