TIMBUNAN DIATAS TANAH LUNAK

TIMBUNAN DIATAS TANAH LUNAK

Konstruksi timbunan di atas tanah lunak menjadi pekerjaan yang sangat menantang. Di dalam konteks ini, penggunaan geosintetik untuk memperbaiki stabilitas timbunan adalah salah satu yang paling efektif dan merupakan bentuk aplikasi yang sangat bagus dalam teknik perkuatan tanah.

Di dalam masalah ini, geosintetik dapat efektif digunakan untuk:

a. Mengurangi pergerakan tanah lunak dikarenakan rendahnya daya dukung yang disediakan 

      

b. Mencegah kegagalan global dari timbunan dan pada pondasi tanah lunaknya

    

c. Mencegah kegagalan sliding (geser) sepanjang permukaan geosintetik

      

Efisiensi geosintetik sebagai perkuatan dari konstruski timbunan pada tanah lunak dapat digambarkan dengan gambar sebagai berikut:

  

Penggunaan Geosintetik Diatas Cerucuk Di Bawah Timbunan 

Pada kasus khusus penggunaan efek perkuatan, yang disebut “basal reinforced piled embankment” dapat juga digunakan. Tiang pre-fabrikasi atau tiang tanah dapat ditanam sebelum geosintetik. Jika material drainasi digunakan, geosintetik dapat digunakan secara baik untuk memberikan kontribusi untuk mempercepat proses settlement dikarenakan konsolidasi dari lapisan tanah lunak.

    

Untuk analisa tingkat lebih lanjut, software geoteknik semacam Plaxis 2D juga dapat membantu untuk mengetahui bagaimana performance dari penggunaan geosintetik dalam konstruksi timbunan ini. Di bawah ini adalah salah satunya contoh analisa menggunakan Plaxis antara timbunan menggunakan perkuatan geosintetik dan tidak menggunakan.